IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT THROUGH RECIPROCAL TEACHING AT UNIVERSITAS BINA DARMA | Rosmaidar | JURNAL BINA EDUKASI

IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT THROUGH RECIPROCAL TEACHING AT UNIVERSITAS BINA DARMA

Rosmaidar Rosmaidar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam kemampuan membaca mahasiswa Teknik Komputer Universitas Bina Darma yang diajar dengan menggunakan metode Reciprocal Teaching dan dengan menggunakan metode Konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan pengajaran timbal balik dan kelompok kontrol yang diajarkan menggunakan metode konvensional (metode tanya jawab). Analisis data dalam penelitian ini dengan menerapkan analisis statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pre-test dan post test. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa yang diajar dengan metode Reciprocal Teaching mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca daripada mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional.

Keywords: Reciprocal Teaching, Konvensional dan Kemampuan Membaca.